Cara Mudah Mengatasi Pembukuan Yang Merepotkan

Pembukuan adalah alat yang memungkinkan pengusaha untuk melacak situasi keuangan mereka dan mematuhi kewajiban pajak. Biaya pembukuan harus dihitung pada saat kewajiban, kemudian dicatat dalam akun yang benar. Dokumentasi yang relevan juga harus diverifikasi. Apa langkah yang benar? Berikut adalah solusi sederhana untuk mengatasi pembukuan biaya yang merepotkan.

Langkah 1

Bagaimana Anda menyimpan catatan keuangan Anda penting untuk menentukan berapa banyak uang yang dapat Anda belanjakan dengan menggunakan metode ini. Pengusaha mengandalkan karyawan mereka dan konsultan luar untuk mengelola dan menganalisis pembukuan mereka. Banyak bisnis menggunakan program komputer untuk memberikan berbagai kemudahan. Anda mungkin harus membayar 5 juta per bulan untuk menyewa seorang akuntan. Layanan online dapat digunakan untuk melacak pembukuan bisnis, dan Anda akan membayar sekitar 500.000 per bulan.

Langkah 2

Ini menentukan jumlah yang akan dibebankan untuk suatu periode akuntansi. Metode akuntansi dan biaya layanan harus menentukan bagaimana biaya pembukuan dialokasikan. Jika Anda memiliki seorang pemegang buku untuk disewa selama satu tahun dengan upah 60 juta per tahun dan ingin menghitung biaya pembukuan bulanan, bagilah angka tersebut dengan 12 untuk mendapatkan biaya bulanan. Pembukuan online akan dikenakan biaya bulanan yang sama dengan pengeluaran bulanan Anda.

Langkah 3

Catat pengeluaran dan biaya lainnya di akun yang sesuai. Biaya pembukuan dapat ditambahkan ke akun bisnis terpisah atau sebagai “biaya hukum dan profesional”. Biaya pembukuan adalah biaya administrasi karena berkaitan dengan pengendalian dan pemeliharaan perusahaan dan bukan dengan produk atau pemasaran produk tersebut. Biaya administrasi termasuk dalam beban operasional untuk laporan laba rugi.

Langkah 4

Catat berapa banyak Anda dibayar selama periode itu. Audit dapat dilakukan atas laporan keuangan dan catatan pajak. Dalam keadaan lain, Anda mungkin perlu menunjukkan dokumen untuk mendukung klaim Anda. Anda dapat menerima faktur atau pesanan pembelian sebagai contoh dokumentasi yang tepat.

Namun, perlu diingat bahwa Anda harus berkonsultasi dengan akuntan publik bersertifikat saat menyimpan catatan keuangan. Konsultasi adalah layanan berharga yang memastikan entri yang benar dari semua data ke dalam perangkat lunak.

Setelah penyelesaian penjualan atau pembelian, saldo kas Anda akan diperbarui secara otomatis. Perkiraan saldo kas akan tersedia dalam 30 hari ke depan berdasarkan total hutang/piutang. Anda juga dapat mengontrol pengeluaran sesuai dengan batas anggaran Anda. Hal ini akan memudahkan Anda dalam melakukan rekonsiliasi bank karena saldo kas yang tercatat dalam rekening koran akan selalu sama dengan aslinya.