Tahukah Anda bahwa pertumbuhan bisnis dipengaruhi secara negatif dengan menggabungkan keuangan pribadi dan perusahaan? Hal ini dapat menyebabkan bencana keuangan seperti kebangkrutan perusahaan atau kekurangan dana.
Memisahkan keuangan pribadi dan bisnis sangat penting untuk mencegah hal ini. Banyak pengusaha, khususnya pemilik UKM, belum menyadari pentingnya dan manfaat segregasi keuangan.
Apa keuntungan untuk bisnis Anda? Merupakan ide bagus untuk memisahkan keuangan pribadi dan bisnis Anda. Ini sangat penting bagi orang-orang yang baru memulai bisnis. Ini adalah manfaat utama dari memisahkan keuangan pribadi dan bisnis Anda.
Pantau Kinerja Bisnis Anda Dengan Mudah
Kemampuan memisahkan laporan keuangan memudahkan Anda dalam mengelola keuangan perusahaan. Arus kas masuk dan arus kas keluar perusahaan tidak tercampur dengan keuangan pribadi. Dengan menggunakan data yang tersedia, Anda dapat mengetahui kondisi keuangan perusahaan.
Memudahkan Perencanaan Keuangan
Laporan keuangan dapat digunakan untuk membuat perencanaan keuangan. Sulit untuk merencanakan dari data yang berantakan dan bercampur. Perpecahan memungkinkan Anda untuk dengan mudah memproyeksikan pendapatan dan pengeluaran perusahaan di masa depan.
Anda Dapat Menghemat Waktu Dan Uang
Laporan keuangan terpisah dapat menghemat waktu dan uang. Anda tidak perlu membayar akuntan mahal untuk memisahkan keuangan pribadi dan profesional Anda selama musim pajak. Pekerjaan lebih cepat dan lebih murah bagi akuntan.
Ini adalah tiga cara sederhana untuk mulai memisahkan pengaturan keuangan pribadi dan bisnis Anda.
1. Rekening Bank Dapat Dibuka Untuk Penggunaan Pribadi Dan Bisnis
Untuk transaksi bisnis, jangan gunakan rekening bank pribadi Anda. Mulailah dengan membuka dua rekening bank: satu untuk pribadi dan satu untuk bisnis. Anda juga harus membuka rekening bank e-banking. Banyak bank saat ini menawarkan layanan e-banking. Bank Mandiri memiliki BSMNet (Bank Syariah Mandiri Net), dan BCA dengan KlikBCA.
Anda dapat melakukan transaksi online dengan opsi e-banking ini. Pastikan bank Anda secara teratur memeriksa rekening Anda untuk memastikan bahwa Anda dapat mengalokasikan pengeluaran untuk perusahaan Anda. Untuk mempermudah transfer dana, hubungkan akun bisnis Anda dengan akun pribadi Anda.
2. Simpan Buku Terpisah
Pisahkan buku pribadi dan bisnis Anda. Anda kini dapat membuat buku Anda secara online dengan kemajuan teknologi saat ini, terutama untuk keperluan bisnis. Layanan akuntansi cloud adalah cara yang bagus untuk membuat buku dengan cepat. Akuntansi cloud menghilangkan kebutuhan untuk membuat template di buku besar atau khawatir tentang penggunaan kalkulator. Semua data dihitung di cloud dengan akurasi tinggi.
3. Membentuk Tim Administrasi Yang Solid
Untuk menghindari kekacauan administrasi, temukan anggota tim administrasi Anda yang dapat diandalkan untuk membantu Anda dengan keuangan perusahaan. Tim administrasi dapat dengan cepat menemukan penyimpangan dalam laporan keuangan dan memberi tahu Anda tentang hal itu. Anda sekarang dapat fokus pada bisnis dan keuangan pribadi Anda sementara tim administrasi memantau situasi keuangan perusahaan Anda. Memisahkan keuangan pribadi dan bisnis sangat penting untuk keberhasilan perusahaan Anda. Anda bisa sukses dengan mengelola keuangan Anda dengan baik. Software akuntansi jurnal dapat digunakan untuk membantu Anda mengembangkan bisnis Anda.